Surakarta- 26-27 Nopember 2021, Program Studi Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini mengadakan kegiatan kerjasama dengan HIMPAUDI Kota Surakarta, khususnya Kecamatan Banjarsari. Kegiatan yang bertajuk Workshop Pendekatan STEAM dengan Media Loose Part ini diikuti sebanyak 94 peserta guru Paud. Sari Pitria yang bertindak sebagai ketua panitia mengungkapkan “kegiatan workshop ini mengundang 2 narasumber yang kompeten di bidang nya dari HIMPAUDI Provinsi jawa Tengah, yakni Ellysa Aditya Surya dan Syukur Rachmawati.

Kegiatan ini narasumber mengajak peserta untuk merubah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kegiatan bermain bermuatan STEAM dengan material Loose Part yang memuat unsur 7 komponen dasar antara lain melatih anak untuk dapat bermain sesuai dengan keinginanya dan menerapkan kegiatan merdeka bermain, guru dapat mengunakan kegiatan bermain ini dengan merubah pola pikir guru sehingga pembelajaran tidak harus mengunakan lembar kerja, membuat invitasi, praktek merancang kegiatan bermain, mengenal peta konsep dalam kegiatan bermain dengan muatan STEAM dengan media loose part, menentukan topik yang menarik, serta evaluasinya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan dibuka Oleh Dekan FKIP Unisri, Dra Sri Hartini, M.Pd. Beliau dalam sambutannya menyampaikan penting nya pendidikan PAUD sebagai pondasi bangsa, beliau mengambaran tentang pendidikan karakter anak di negara jepang melalui video, dengan harapan kegiatan tersebut dapat memberikan wawasan tentang kegiatan pengembangan pembelajaran di lembaga paud yang seseuai dengan esensi bermain sambil belajar sehingga kedepan kegiatan seruapa dapat di selenggarakan kembali.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penandatanganan MOU kerjasama antara Unisri dengan Himpaudi Kota Surakarta. “Kami berharap dengan adanya kerjasama ini semakin erat hubungan antara Unisri terutama pada Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan guru pendidikan anak usia Dini (PG-PAUD) bersama untuk memajukan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini serta bersinergi bersama dengan mengangandeng antara Mahasiswa, Alumni dan Dosen terlibat dalam suatu kegiatan menjalin kebersamaan,” ujar beliau

Leave a Comment